Sebanyak 23 perawat, dokter, bidan, petugas farmasi, humas RSUD dan tenaga medis lainnya, mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU). Penghargaan diberikan atas dedikasi mereka dalam menangani korban gempa.

Plh Kadis Kesehatan KLU dr H Lalu Bahrudin mengapresiasi pengabdian yang diberikan pada paramedis tersebut. Apalagi sesungguhnya mereka juga ikut menjadi korban dalam musibah gempa tersebut.

Namun menurutnya, dalam penanganan korban gempa tahun lalu, tidak hanya paramedis yang berperan. Banyak pihak lain yang ikut terlibat, bahkan memberi sumbangsih yang jauh lebih besar.

“Penghargaan ini sebagai bentuk dedikasi jajaran petugas medis dalam membantu penanganan korban gempa,” ujarnya, kemarin (5/8).

Ia mengungkapkan para petugas medis menangani langsung warga yang terluka dan sakit. Baik itu di tenda-tenda darurat, RSUD sementara hingga puskesmas sementara. Karenanya mereka sangat pantas diberikan penghargaan.

“Selain penghargaan ini, ada rencana diberikan semacam reward,” katanya.

Terpisah, Bupati KLU H Najmul Akhyar mengungkapkan, sebenarnya ia ingin memberikan penghargaan pada semua pihak yang terlibat langsung dalam penanganan korban gempa. Sementara ini penghargaan diberikan kepada paramedis.

“Pada saat itu saya terjun lihat langsung mereka harus melayani pasien dengan kondisi yang terbatas dan terus menerus, nyaris tanpa istirahat,” ungkap bupati.

Bahkan, banyak perawat yang sampai tidak memikirkan makan dan minum untuk dirinya. Padahal mereka  juga butuh makanan dan minuman.

“Saya tanya kepada mereka apakah mereka sudah makan. Malah mereka menangis. Padahal mereka ini juga sebenarnya punya keluarga yang harus mereka perhatikan. Di sana saya lihat beban para perawat itu luar biasa,” jelasnya.

Bupati mengatakan dedikasi mereka ini perlu dihargai. Meski penghargaan yang diberikan tidak seberapa, namun merupakan bentuk apresiasi pada mereka.

“Secara simbolis kita berikan mereka hadiah. Tapi sesungguhnya saya ingin memberikan penghargaan kepada semuanya. Baik itu media, keamananan dan lainnya, karena saya yakin semuanya sudah berbuat,” pungkasnya. (fer/r4)

Sumber, Lombok Post net